Selasa, 06 September 2011

Cerita Liburan

Liburan adalah hari yang sangat menyenangkan bagi semua orang, khususnya pelajar (termasuk aku). Soalnya bisa santai-santaian dan nggak terbebani tugas sekolah yang semakin hari semakin bertambah. Apalagi kalo liburan hari raya idul fitri, hari-hari yang paling tak tunggu-tunggu, soalnya dapet galakgampil (ampau), walaupun jumlahnya tambah dikit tiap taun.
Tiap kali lebaran aku nggak pernah mudik, karena aku asli AREMA, orang tua AREMA, saudara kebanyakan juga AREMA. Ada beberapa saudara yang tinggal di luar kota, tapi cuma dikit banget, paling jauh aja di Wlingi, Blitar. Jadi aku nggak pernah ngrasain mudik. Kadang-kadang sempat mikir pengen mudik, tapi mau mudik gimana, nenek kakek (biasanya aku panggil mbah uti sama mbah kakung) rumahnya juga di Malang, malah jarak rumahku ke rumah mereka cuma 6 km.
Oh iya… Aku mau cerita persiapan lebaran. Yang pertama aku siapin baju baru, terus kue-kue lebaran, bersih-bersih rumah dan yang paling penting adalah menyucikan hati. Lebaran taun ini, aku buat kue sendiri, tapi sebenernya aku cuma bagian ngasih support ke mama sama adekku, aku juga bantuin nyetak kue kok tapi nggak lama terus tak tinggal tidur. Ada beberapa kue yang beli sama dikasih budhe (kakak perempuan mama). Ini fotonya, tapi aku ngambilnya pas hari ke-5 lebaran jadi udah ada yang habis.




Hari Pertama Lebaran
Aku sholat Idul Fitri hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011, karena aku ikut pemerintah. Tapi kalo muhammadiyah tanggal 30 Agustus 2011. Aku sholat di masjid Al-Mustaqim, masjid di belakang rumahku. Setelah sholat aku, bapak, mama, adek dan nenekku saling bersalam-salaman dan saling meminta maaf di rumah. Kemudian dilanjut dengan acara keliling kampung, dan makan-makan di rumahnya tentanggaku. Terus langsung ke rumah mbahku  dan saudara yang rumahnya sekampung sama mbahku.
Hari Kedua
Hari kedua lebaran ada acara halalbihalal di rumah saudaraku. Tapi taun ini, nggak sebanyak taun kemarin yang datang soalnya ada saudara yang punya acara yang waktunya bebarengan.
Hari Ketiga
Aku dan keluargaku pergi ke Wlingi, ke rumah nenek buyut, tapi bukan kandung, jadi itu tantenya mbah kakungku. Tiap lebaran mesti ke sana. Sebelum lebaran nenek buyutku  udah nyiapin oleh-oleh buat semua cucunya dan selalu nunggu cucunya datang ke rumahnya.
Sebelumnya aku minta maaf soalnya hari pertama sampek ketiga aku nggak ambil gambar, tapi aku mau ngasih tau denah rumah orang Wlingi, soalnya di semua rumah yang aku datengin semuanya sama tapi yang bedain luas rumahnya aja, tapi sebenernya nggak penting, cuma buat menuh-menuhin aja :D…


Semua dindingnya dari kayu dan jarang ada jendelanya. Kamar mandi biasanya ada di luar rumah.
Hari Keempat
Hari keempat lebaran, aku ke rumahnya bu dheku yang ada di Ngantang, Batu. Perjalanan berangkat dan pulangnya macet banget, soalnya banyak orang yang ke Batu, kan Batu terkenal kota Pariwisata. Rumahnya bu dheku itu di desa, jadi udaranya masih fresh. Karena nyampek di sana udah jam setengah 12, jadi aku langsung makan dan nggak ketinggalan liat TV, soalnya aku nggak mau ketinggalan drama korea di Indosiar yang Princess Prosecutor sama My Princess. Habis itu aku ngantuk, tapi berhubung di rumah orang, jadi aku cari kegiatan yaitu ngasih makan sapi peliharaan bu dheku yang ada di belakang rumahnya. Aku juga ngajak adekku sama mamaku. Makanannya itu rumput gajah. Nah ini fotonya…
    
       

Hari Kelima
Aku nggak kemana-kemana soalnya banyak saudara yang dateng ke rumahku…

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ega Kurniasari © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates