Kamis, 07 Agustus 2014

PROYEK DOCKING

Solasodine dalam Solanum torvum sebagai Anticancer

1.       Ligand
Solanum torvum termasuk family Solanaceae. Solasodine merupakan salah satu kandungan dari tumbuhan terong pokak atau Solanum torvum yang mempunyai kandungan zat aktif yang berpotensial sebagai antikanker. Solasodine termasuk senyawa alkaloid steroid (Panigrahi et al, 2014). Ekstrak S. torvum  efektif untuk menghindari proliferasi sel kanker payudara (Thenmozhi dan Rao, 2011).


2.       Protein
Protein Bcl-2 merupakan protein yang akan diekspresikan sebagai antikanker apabila berikatan dengan obat antikanker. Obat proapoptosis menyebabkan apoptosis pada sel kanker yang melibatkan aktivasi caspases dalam sitosol, seperti sitokrom c dan beberapa protein lain, yang dibebaskan dari mitokondria di bawah kendali Bcl-2 (Solary et al, 2002).
      

3.       Obat Antikanker
Antimycin A adalah obat antikanker payudara dengan mekanisme kerjanya berikatan dengan protein Bcl-2 secara spesifik (Tzung et al, 2001).


4.       Docking
             a.       Docking Solasodine-Bcl2

  

             b.      Docking Antimycin A-Bcl2




5.       Pembahasan dan Kesimpulan
Ikatan ligand-protein dengan free energy of binding yang baik memiliki  rendah, inhibition constant yang rendah dan interaction surface yang besar. Dengan nilai free energy of binding yang rendah, maka suatu ligand dapat dengan mudah berikatan dengan protein reseptor, tanpa membutuhkan energi yang besar. Inhibition constant menunjukan dosis yang dibutuhkan agar suatu ligand dapat memberikan efek terapi, maka ikatan yang baik adalah inhibition constant yang memiliki nilai rendah, karena dengan dosis rendah sudah dapat memberikan efek terapi. Ikatan antara ligand dan protein dengan yang baik mempunyai interaction surface yang besar, karena mempunyai ikatan yang semakin kuat.
Free energy of binding solasodine-Bcl2 (-8.45 kcal/mol) lebih rendah daripada antimycin A-Bcl2 (-4.33 kcal/mol). Inhibition constant solasodine-Bcl2 adalah 641.38 nM, yaitu lebih rendah daripada inhibition constant antimycin A-Bcl2 (675.51 uM). Interaction surface dari solasodine-Bcl2 (809.544) memiliki nilai yang lebih rendah daripada antimycin A-Bcl2 (942.537), hal tersebut dikarenakan antimycin A memiliki struktur kimia yang lebih panjang.
Apabila dilihat dari hasil docking, dapat dikatakan bahwa senyawa Solasodine pada Solanum torvum (terong pokak) mempunyai kandungan aktif yang berpotensi sebagai antikanker payudara, yang berikatan dengan protein Bcl-2.

DAFTAR PUSTAKA
Panigrahi, S., et al. 2014. Anticancer Activity of Ethanolic Extract of Solanum torvum SW. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences (6): 93-98.
Solary, E., et al. 2002. Cell Death Pathways as Targets for Anticancer Drugs. Dijon: Academic Press.
Thenmozhi, A., dan  Rao, U.S.M. 2011. Evaluation Of Antimitotic Activity Of Solanum Torvum Using Allium Cepa Root Meristamatic Cells And Anticancer Activity Using MCF-7- Human Mammary Gland Breast Adenocarcinoma Cell Lines. Academic Journal (3): 299.
Tzung SP, et al. 2001. Antimycin A mimics a cell-death-inducing Bcl-2 homology domain 3. Nat Cell Biol. 3(2) : 183-91.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ega Kurniasari © 2010

Blogger Templates by Splashy Templates